AmmarAmru

Karena Anak Meneladani Keshalihan Orang Tuanya

Keteladanan orang tua sangatlah penting dalam pendidikan anak, baik itu dalam penanaman tauhid, adab dan akhlak.

Anak itu seperti cermin yang akan menampakkan apa saja yang terpantul dengan apa adanya. Ketika kita memberikan suatu pelajaran pada anak, dan dia memperhatikan dan menyimpannya di memori, maka pada suatu saat nanti jika kita melakukan sesuatu yang bertolak belakang dengan apa yang pernah kita katakan, maka sang anak pasti akan langsung memprotes apa yang kita lakukan.

Keshalihan ayah dan bunda sekalian akan sangat mempengaruhi pertumbuhan buah hati kita. Ia akan merekam setiap apa yang tertangkap oleh matanya, kemudian menyimpannya di memori terdalam dan akan memperlihatkan kepada kita ketika ia mampu untuk memperagakannya.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam menasehatkan,

المرء على دين خليله فلينظر أحدكم من يخالل

“Agama Seseorang sesuai dengan agama teman dekatnya. Hendaklah kalian melihat siapakah yang menjadi teman dekatnya.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Silsilah Ash-Shahihah, no. 927).

Dimanakah anak itu tumbuh dan berkembang? Siapakah yang menjadi teman dekatnya? Maka jawabnya adalah di sisi orang tuanya lah ia tumbuh dan berkembang, dan dengan kedua orang tuanyalah ia berteman baik.

Silakan disebarluaskan dengan tetap mencantumkan sumbernya. Semoga bermanfaat untuk kaum muslimin.

Tim Admin Group WA Parenting Sunnah
Mendidik Buah Hati Sesuai Sunnah Nabi

About author View all posts Author website

Ridwan Rusdiantoro

Abinya Ammar dan Amru. Penyuka buku, website dan internet. Quote terbaik menurut saya adalah, "Sesungguhnya ilmu, tidak akan memberikan sebagian dari dirinya kepadamu, kecuali jika kamu memberikan seluruh jiwamu, untuk mendapatkannya." Jangan lupa doakan semoga anak-anak kami menjadi anak yang shalih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *